Sudahkah anda sukses?

Dalam setiap lini kehidupan, setiap orang selalu berharap untuk bisa sukses, bisa menjadi yang terdepan, bisa menjadi yang memimpin, atau setidaknya bisa menjadi bagian yang penting. Itu sebabnya, status, jabatan, kedudukan selalu menjadi hal yang penting untuk dimiliki. Bahkan, ketika kita tidak memilikinya pun, kita akan berusaha untuk bisa dianggap memilikinya, dianggap punya peran besar, dianggap sibuk, dianggap hebat, dan sebagainya. Orang sangat tidak suka disepelekan, orang sangat tidak suka menjadi bagian yang diabaikan, terlupakan, atau tidak penting.

Dan anehnya, semua hal itu yang menilai bukan diri kita sendiri. Semua anggapan, pengakuan dan penerimaan tersebut datangnya dari orang lain. Orang yang bisa jadi sangat tidak paham tentang kita, orang yang bisa jadi tidak menyukai keberadaan kita, dan orang yang bukan siapa-siapa dari kita. Padahal, bagi seorang manusia, apa yang ia lihat, bisa jadi bukan suatu fakta, tetapi persepsi, dan apa yang ia dengar, bisa jadi bukan suatu kebenaran, tetapi opini. Jadi…sangat sulit sekali keberadaan kita ketika harus menggantungkan harapan kita untuk menjadi orang hebat pada orang lain. Hingga akhirnya semakin banyak gagdet yang kita miliki, semakin tidak karuan perasaan kita dibuatnya seharian, semakin banyak kita berkomunikasi, semakin sepi rasanya dunia.

Ada kalimat Allah yang sangat patut anda simak, Allah tidak melihat seseorang itu dari jenis kelaminnya, dari kekayaannya, dari jabatannya, dari keindahan wajahnya, tetapi Allah melihat seseorang itu berdasarkan takwanya. Cara Allah melihat seseorang itu ia ajarkan kepada kita bukan tanpa sebab. Cara itu menjadikan kita manusia yang bisa hidup bebas dari kebutuhan-kebutuhan semu yang hanya membutakan mata dan menghabiskan kemanfaatan usia kita. Cara satu-satunya untuk bisa sukses adalah dengan bertakwa. Menempatkan yang benar pada tempatnya. Berbuat baik tidak untuk dipandang orang, tetapi untuk mendapatkan posisi yang baik di mata Allah. Hingga akhirnya, kita akan mendapatkan satu hal yang selalu dicari-cari orang yang ingin sukses, yaitu kebahagiaan.

kita tidak menjadi takut disepelekan orang, kita tidak menjadi takut diabaikan, karena kita mengharapkan penghargaan dari pemilik kehidupan, bukan dari yang sama-sama menumpang dalam kehidupan ini. Sudahkah anda merasa sukses?

395848_348218061864935_969833062_n

Manusia adalah makhluk yang senang bermain

Saya berharap anak-anak saya bisa menemukan peran besarnya dalam kehidupan melalui bermain. Dengan bermain mereka mendapatkan kebebasan untuk menjadi apapun yg mereka inginkan. Hingga akhirnya mereka menemukan sendiri passionnya dan bisa hidup dgn passion tersebut. Hidup dgn passion kita adalah hal yg tidak selalu bisa didapatkan oleh setiap orang. Itu seperti mendapatkan kehidupan yg berharga dan bermakna. Itu sebabnya saya berharap mereka mendapatkan kehidupan seperti itu. Tidak untuk mengejar sukses, tapi menjadikan sukses mendekat tanpa bisa ditolak.

Saya percaya bahwa Allah menciptakan segala sesuatu tidak ada yg sia2, termasuk manusia. Dari sekian banyak manusia, setiap pribadinya adalah bermakna dan mempunyai peran yg sudah Allah tentukan. Peran itu tersimpan dalam bentuk passion, sehingga ketika kita menjalankannya kita akan mampu memenuhi peran kita secara maksimal.

527459_193221067479328_1437086188_n