Kegelisahan saya

Apa yang kita berikan pada generasi kita sekarang? Selain kemalasan dan konsumerisme. Sedih saya melihat anak-anak kita hanya bersekolah sebisanya, kemudian bekerja sebisanya untuk bisa beli barang-barang mahal yang tidak terlalu diperlukan. Sedih saya melihat mereka bekerja dengan tanpa semangat, terutama yang wanita, tanpa harapan akan perubahan kecuali menikah. Yang jadi pramuniaga, melayani pembeli dengan tanpa senyum. Yang menjadi OB duduk di pojok toilet sambil nongkrong atau main hape. Yang jadi pramusaji restoran fastfood melayani pembeli dengan wajah kelelahan. Kadang tidak sabaran menunggu orderan pembeli. Apa yang kita hasilkan pada pendidikan yang berorientasi kerja? Apa yang kita hasilkan ketika setiap kali anak berangkat ke sekolah yang kita ingatkan adalah belajar yang rajin, biar gede bisa kerja kantoran.

Ingin sekali melihat semangat anak muda yang meskipun pekerjaannya masih sangat biasa saja, tapi semangat sekali melakukannya, menyadari bahwa ini bukan pekerjaan seumur hidup, saya harus belajar sesuatu dari sini, saya harus menjadi sesuatu setelah ini, tidak masalah siapa saya sekarang, yang penting adalah bagaimana saya nanti. Mungkin masih ada generasi seperti itu, banyak bisa jadi, tetapi mereka masih sangat kurang banyak dibanding selebihnya. Selebihnya yang biasa terlihat ada di mana-mana.

Saya tidak bisa berharap pada siapa-siapa kecuali pada diri saya sendiri. Bagaimana memperbaiki yang sudah terjadi. Adalah memulai dari sekarang, untuk masa yang akan datang. Dan saya hanya bisa berbuat dari diri saya sendiri, mengajak orang yang paling bisa saya ajak. Mengingatkan orang yang paling bisa mendengar saya. Menuangkan ide pada orang yang paling membutuhkan ide saya. Bersyukur saya diberi jalan lewat Sekolah Ibu. Memulai perbaikan generasi, dari sumber generasi itu sendiri, yaitu para ibu. Memastikan setiap rumah tidak kekurangan pendidikan hanya karena keterbatasan ekonomi. Hanya langkah kecil yang bisa saya buat, tapi berharap bisa dilanjutkan oleh langkah yang lain sehingga kita bisa memindahkan gunung masalah yang besar itu.

logo3

Leave a comment