Manajemen Stres

-Kumpulan Materi Kelas WA Sekolah Ibu-

πŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚
Stres adalah reaksi normal psikologis dan fisik untuk kebutuhan kehidupan. Stres pada awalnya dimaksudkan untuk melindungi terhadap ancaman. Tetapi bila kita tidak dapat menanggulangi dengan baik, maka stres dapat merubah pikiran dan tubuh menjadi tidak normal.

πŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚
Mekanisme terjadinya stress dan pengaruhnya terhadap fikiran dan tubuh.
Setiap kali ada rangsangan/perubahan yang dirasakan oleh panca indra kita, maka melalui syaraf2 panca indra tersebut mengirimkan sinyal ke Hypophyse (berada di dasar otak) sebagai alarm selanjutnya mengirimkan sinyalnya ke kelenjar anak ginjal untuk melepaskan hormone Adrenalin dan Kortisol.
Kortisol meningkatkan gula darah yang terutama digunakan otak (berfikir/mengatur), selain itu fungsi kortisol untuk meningkatkan persediaan bahan perbaikan sel2 tubuh, sistem kekebalan tubuh, reproduksi dan pertumbuhan serta merangsang beberapa kelenjar tubuh lainnya untuk peroses metabolisme.
Adrenaline meningkatkan denyut jantung, dan peningkatan tekanan darah dan juga meningkatkan pasokan energi.

πŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚
Jika pikiran dan tubuh selalu cemas karena stres yang berlebihan setiap hari, lama kelamaan tubuh akan menghadapi masalah-masalah kesehatan serius. Tubuh akan bekerja terus menerus dalam kondisi tidak normal/overload yang akhirnya dapat menyebabkan:
Gangguan jantung
Masalah tidur
Masalah pencernaan
Depresi
Obesitas
pelemahan Memori/ingatan
Kelainan pada kulit seperti eksim dan lain-lain

πŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚
Sebagai ibu rumah tangga ada banyak faktor yang bisa memicu stres misalnya, pekerjaan yang berat dan rumit, merawat orang tua, bayi atau anak-anak yang beranjak dewasa, tugas rumah tangga yang cukup membuat kita kewalahan sejak pagi hingga sore hari. Kita mungkin merasa kegiatan harian ini adalah kewajiban yang harus dilaksanakan dan tidak heran bila kita mengalami stress karena mendapatkan permasalahan dalam setiap kali menanganinya.

πŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚
Cara mengelola stress sebagai ibu rumah tangga:

1. Meditasi / berdiam diri
Usahakan bangun awal 10 atau 15 menit dari jadwal bangun pagi biasanya untuk berdoa sejenak lalu meditasi atau yoga atau berdiam diri mampu membuat kita lebih tenang dan rileks, duduklah di atas tempat tidur lalu atur napas perlahan tarik dan hembuskan lakukan 5 sampai 10 hembusan lalu buka mata dan bangunlah dari tempat tidur, walaupun kegiatan ini terlihat sepele tapi ini awal yang baik untuk sepanjang hari.

2. Awali dengan senyuman
Senyuman karena survei membuktikan senyuman di pagi hari merupakan amunisi terbaik untuk menghadapi rutinitas kegiatan, senyum seorang istri kepada suami dan anak-anaknya memberi aura positif juga bagi mereka dan juga diri sendiri, apapun yang terjadi tetaplah tersenyum.

3. Tidur
Tidur merupakan cara manusia melepas lelah dan penat, mengusahakan tidur 8 jam dalam sehari merupakan hal yang terbaik. Bagi seorang ibu rumah tangga terkadang melewatkan tidur atau menundanya karena kesibukan mengurus rumah tangga dan anak anaknya. Cobalah ikut Sejenak tidur dengan pulas ketika anak anda tidur siang lupakan sejenak pekerjaan sehingga ketika anda bangun bisa dengan rileks mengerjakannya. Hal semacam itu juga berlaku ketika weekend bangunlah agak telat dari biasanya bersama suami dan anak anak nikmati kebersamaan di dalam kamar sambil bergurau atau bercerita dengan mereka nikmati waktu itu sebaik mungkin agar kemesraan dan kebersamaan dengan keluarga tetap terjaga.

4. Mencoba hal baru
Cobalah untuk selalu mengatasi stress dengan mencoba kegiatan kegiatan tidak seperti biasanya seperti memasak menu baru dengan mengajak suami atau anak-anak untuk sekedar mencicipi atau mengomentari masakan baru anda. Mengatur atau memindah mindahkan perabotan furniture rumah anda. Anda juga bisa membersihkan barang barang kesukaan anda atau bercocok tanam di kebun serta merawat tanaman bunga anda di taman. Hal tersebut adalah cara agar anda Agar anda tidak terfokus hanya kegiatan rumah tangga yg monoton.

5. Bernyanyi atau mendengarkan musik
Cobalah untuk melakukan kegiatan memasak, mencuci dll dengan bernyanyi atau mendengarkan lagu favorit anda,secara tidak langsung hal ini dapat mengurangi beban anda dalam melakukan pekerjaan rumah tangga karena dilakukan dengan gembira.

6. Bersosialisasi
Menjadi seorang ibu rumah tangga bukan jadi alasan untuk berdiam diri di rumah tanpa melakukan apapun di luar hanya demi kegiatan rumah tangga. Mengikuti arisan dengan mengobrol serta berbagi cerita tentang apapun sampai tertawa lepas merupakan hal yang baik untuk mengusir stress, mengobrol dengan tetangga serta Menjalin silaturahmi dengan berkunjung ke rumah sanak famili juga hal yang baik untuk dilakukan dalam melepas penat di rumah. Tapi kesemua itu bukan berarti menelantarkan anak dan masih dalam batas normal dan izin suami.

7. Memanjakan diri
Lelah mengurus segala urusan rumah tangga wajar bagi para ibu menyenangkan dirinya sendiri dengan pergi kesalon atau melakukan perawatan diri di rumah dengan berendam air hangat ataupun luluran. Mintalah suami untuk menjaga buah hati sejenak agar anda tenang dan rileks melakukannya. Belanja untuk diri sendiri juga alternatif wanita dalam mengatasi stress tapi harus juga disesuaikan dengan kemampuan keuangan anda.

8. Liburan
Berlibur merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi seorang ibu rumah tangga. Pilihlah tempat yang menyenangkan yang telah di sepakati bersama. Pergi ke tempat rekreasi, pantai atau tempat yang memiliki pemandangan indah agar mata dan pikiran terhibur dan jiwa menjadi tenang.

9. Bercinta
Tidak dapat di pungkiri manusia itu harus tercukupi kebutuhan lahiriah dan batiniah. Nah apabila kebutuhan lahiriah telah tercukupi maka batiniah juga harus terpenuhi. Cobalah untuk berduaan dengan suami entah dikamar bercerita masa pacaran ataupun pergi menonton film kesukaan berdua dikamar atau bioskop ataupun mencoba gaya baru bercinta. Hal tersebut obat mujarab dalam menangkal stress serta menambah imunitas tubuh kita. Cobalah untuk bercerita berkeluh kesah tentang kegiatan anda dirumah dan mengurus anak-anak mintalah bantuannya dan pendapatnya mengenai urusan rumah tangga. Hal tersebut juga dapat mempererat ikatan rumah tangga menjadi bergairah dan harmonis.

πŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚πŸƒπŸ‚
Catatan akhir:
Banyak hal yang dapat dilakukan seorang ibu rumah tangga dalam mengatasi kejenuhan mengelola urusan rumah tangga. Apapun itu semua hal dapat dilalui dengan kesungguhan hati dan keikhlasan dalam melakukannya serta selalu mendekatkan diri dan ingat kepada Tuhan YME adalah kunci dari semua itu. Semoga Cara mengelola stress sebagai ibu rumah tangga tersebut diatas berguna bagi para wanita yang merupakan pahlawan rumah tangga agar menjadi keluarga harmonis dan mencetak generasi yang berguna bagi semua.

Leave a comment