MEMPERSIAPKAN PENDIDIKAN ANAK

-KUMPULAN MATERI KELAS WA SEKOLAH IBU-

KI HAJAR DEWANTARA
“Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu”

Mengarahkan pendidikan anak-anak sangat menentukan keberhasilan mereka di masa yang akan datang. Karena anak-anak akan hidup di dunia nyata yang penuh dengan persaingan. Kemampuan mereka bersaing menjadi penentu posisi mereka di kehidupannya kelak.

Tetapi, kemampuan bersaing ini tidak berbanding lurus dengan kemampuan intelektual dan kemampuan fisik. Karena ada begitu banyak orang dengan keterbatasan intelektual tetapi mampu menduduki posisi penting di masyarakat, dan ada begitu banyak orang dengan keterbatasan fisik bisa memimpin begitu banyak orang.

Yang diperlukan oleh anak-anak untuk bisa bersaing dengan yang lain adalah menjadi dirinya sendiri. Karena setiap anak istimewa dan dengan keistimewaannya itu mereka bisa menjadi yang terbaik di masyarakat.

Karenanya, kunci utama pendidikan adalah hubungan yang sangat erat antara ibu dan anak.

Kedekatan ibu dan anak yang sangat kuat akan menimbulkan kepercayaan yang besar pada anak untuk memunculkan kemampuan dirinya.

Kedekatan ibu dan anak yang sangat kuat akan menjadi modal yang berharga bagi ibu untuk membukakan jalan mana yang terbaik untuk dilalui oleh anak-anaknya.

Jadi, memilih sekolah yang tepat untuk anak-anak dasarnya adalah dari kemampuan anak yang paling mungkin untuk berkembang.

Sekolah pada tingkat dasar haruslah tanpa beban, karena justru kita membutuhkan fase ini untuk menguatkan hubungan ibu dan anak, dan mengenali kemampuan dasar anak.
Sekolah pada tingkat menengah adalah membantu ibu membimbing masa pubertas anak untuk mengenyangkan anak dengan pengalaman batin menghadapi masa perubahan hormon, perubahan fisik, menuju kesempurnaan manusia.
Sekolah pada tingkat tinggi adalah membantu ibu melepas anak-anak menjadi manusia dewasa. Berpikiran matang dan mandiri.

Catatan akhir:
Pendidikan adalah hak setiap anak, bagian paling dominan yang dibutuhkan untuk pendidikan berkualitas bukanlah biaya yang besar, tetapi perhatian penuh dari orang tua terutama ibu. Semakin besar perhatian seorang ibu pada anak-anaknya, maka semakin besar kesempatan anak untuk mendapat pendidikan terbaik.

Leave a comment